Blogroll

...................... selamat datang di blog wawa.....................

Free HTML Codes

Senin, 22 November 2010

antropologi semester 1



Tujuan pembelajaran:
  • Dapat mendiskripsikan unsur-unsur budaya.
  • Dapat mendfiskripsikan hubungan dan fungsi bahasa, seni, dan agama/ religi/ kepercayaan.
  • Dapat mengidrentifikasi karakteristik dinamika budaya.
  • Dapat mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat integrasi nasional.
  • Dapat membandingkan proses pewarisan budaya pada masyarakat tradisional dan modern.

A. Unsur-unsur budaya:
  1. Bahasa (bahasa lisan dan tertulis).
  2. Sistem pengetahuan (pengetahuan tentang flora dan fauna, tentang ruang, waktu, bilangan, dan yentang tubuh manusia serta perilaku antar sesama manusia).
  3. Sistem peralatan dan perlengkapanhidup manusia serta sistem teknologi.
  4. Sistem mata pencaharian hidu atau sistem ekonomi.
  5. Sistem religi.
  6. Sistem kemasyarakatan/organisasi sosial.
  7. Kesenian.

B.Hubungan dan fungsi bahasa, seni, dan agama/religi/kepercayaan.
  1. Bahasa Suku-suku bangsa di berbagai daerah di indonesia memiliki bahasamasing-masing sebagai alat komunikasi, antara lain sbb:
    a. Dalam pergaulan antarsesamanya suku bangsa aceh berbicara dengan bahasa daerahnya sendiri, yaitu bahasa aceh.
    b. Masyarakat tapanuli dalam pergaulan di antara mereka sendiri berbicara dengan bahasa batak
    c. Demikian halnya suku banga melayu, jawa, betawi, sunda, bugis, makassar, ambon, papua dan sebagainya mereka berbicara dengan sesamanya menggunakan bahasa daerah masing-masing.
  2. Kesenian Seni adalah penggunaan kreatif imajinasi manusia untuk menerangkan, memahami, dan menikmati kehidupan.dalam kebudayaan-kebudayaan lain, seni sering digunakan untuk keperluan yang dianggap penting dan praktis. Para ahli antropologi telah menemukan bahwa seni mencerminkan nilai-nilai kebudayaan dan perhatian rakyat. Dalam hal itu ahli antropologi dapat mengetahui bagaimana suatu bangsa mengatur negaranya dan mengetahui sejarahnya. Demikian juga seni musik, patung, dan seni rupa dapat menjadi sarana untuk memahami pandangan dunia sesorang. Adapun melalui studi distribusional, kesenian dapat menjadi gambaran tentang sejarah nasional. a. Seni verbal Kesenian verbal meliputi cerita drama, puisi, peribahasa, bahkan memberi prosedur , pujian dan sebagainya. Hal-hal tersebut mudah dipublikasikan dan memiliki daya tarik populer dari kebudayaan rakyat. Pada umumnya cerita tersebut terbagi menjadi tiga kategori pokok, yaitu mitos, legenda dan dongeng.
    b. Seni musik 1) unsur-unsur musik Pada umumnya musik manusia berbeda dengan musik alamiah. Misalnya suara nyanyian burung, serigala, ikan paus, dan sebagainya. Dalam sistem barat atau eropa, jarak antara nada dasar dan nada atas yang pertama yangdisebut oktaf. Oktaf terdiri atas tujuh tingkatan nada, dan diberi nama A sampai G. Meskipun demikian hanya ada yang dapat dianggap sebagai gejala alamiah sesungguhnya. 2) Fungsi musik fungsi musik yang paling jelas terdapat dalam nyanyian. Para peneliti musik dahulu terkesan pentagonis yang kelihatan sederhana. Sebagian besar musik nonbarat dikesampingkan karenamusik nonbarat dianggap sebagai musik "primitif" tanpa bentuk, kurang istimewa, dan dianggap sepele.
    C. seni patung
    Dalam arti luas seni patung adalah seni tiga dimensi. Setiap bentuk tiga dimensi dapat disebut patung. Misalnya sebuah gapura, monumen atau bangunan yang mengandung pokok-pokok artistik yang sama dengan patung, topeng, atau arca.
    3. Agama a. pengertian agama Agama dipandang sebagaikepercayaan dan pola perilaku, yang diusahakan oleh manusia untuk menaungi masalah-masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan teknologi dan teknik organisasi yang diketahuinya.
    b. pendekatan antropologi terhadap agama Anthoony F.C wallace mendefinisikan agama sebagai seperangkat upacara yang diberi rasionalisasi mitos.
    c. praktik keagamaan Banyak nilai agama yang berasal dari praktik-praktik upacara keagamaan menimbulkan suatu rasa "transendensi pribadi".
    d. Makhluk dan kekuatan supranatural 1) Dewa dan dewi 2) Dewa-dewa dan dewi-dewi seperti kepunyaan orang yunani 3)arwah leluhur
    e. Animisme salah satu kepercayaan yang meyakini tentang makhluk-makhluk supranatural.
    f. Animatisme animatisme adalah suatu sistem kepercayaan yang meyakini bahwa benda-benda atau tumbuhan yang ada disekeliling manusia memiliki jiwa yang mampu berpikir, seperti manusia.
    g. petugas keagamaan pendeta (pria dan wanita) adalah spesialis keagamaan yang bekerja penuh (full time).
    h. Shaman shaman adalah orang-orang yang secara individual memiliki kemampuan khuisus dan biasanya berada di tempat yang sunyi dan terpencil.
    i. ritual dan perayaan keagamaan
    1) upacara peralihan (inisiasi)
    upcara peralihan (rites of passage) adalah upacara keagamaan yang berhubungan dengan kehidupan manusia seperti kelahiran, kematian, dan perkawinan.
    2) upacara intensifikasi
    upacara intensitasi adalahupacara yang menyertai keadaan krisis dalam kehidupan kelompok dan bukan dalam kehidupan individu.
    j. fungsi agama
    - fungsi sosial dari agama adalah memberi sanksi kepada sejumlah besar tata kelakuan yang menyimpang.
    - fungsi psikologis agama adalah membebaskan setiap anggotamasyarakat dari lepasnya tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, setidak-tidaknya dalam situasi yang penting.
      C. karakteristik dinamika kebudayaan
    1).pengertian dinamika kebudayaan
    Perubahan (dinamika) kebudayaan adalah perubahan yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga terjadi keadaan yang tidak serasi bagi kehidupan.
    2) mekanisme dinamika kebudayaan
    a. discovery, invention, dan inovasi
    1. Discovery adalah penemuan unsur-unsur kebudayaan yang baru baik berupa suatu alat baru maupun ide baru.
    2. Intention
    sutu penemuan baru (intention) dapat menyebabkan perubahan-perubahan dalam bidang lain seperti: politik, agama, pendidikan, kesenian, adat istiadat, dan sebagainya.
    3. Inovasi
    adalah sutu proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi, modal, pengaturan tenaga kerja, dan penggunaan teknologi yang menyebabkan adanya sistem produksi dan produk-produk baru.
    b. difusi, globalisasi, dan budaya nasional 1. Difusi adalah suatu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu kelompok ke kelompok lain atau dari satu masyarakat ke masyarakat lain.
    a. jenis difusi menurut ruang lingkup terjadinya
    - difusi masyarakat
    - difusi antar masyarakat
    b.jenis difusi menurut cara berlangsungnya - symbolic - penatration pasifigue  -penetration violente
    e. globalisasi adalah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan sistem komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama.
    f. budaya nasional adalah perwujudan rasa, karsa, dan karya bangsa.
    Wujud budaya nasional, yaitu sbb:
    a. Bahasa
    b. Seni berpakaian
    c. Perilaku
    c. akulturasi, sinkretisme, dan milanarisme
    1. akulturasi adalah proses peruvahan yang didalamnya terjadi penyatuan budaya-budaya yang berbeda.
    2. sinkretisme adalah suatu proses terjadinya pertemuan dua buah kebudayaan dan tidak menghilangkan jati diri masing-masing.
    3. milanarisme adalah suatu gerakan rakyat yang timbul atas kepercayaan bahwa seorang tokoh akan datang untuk membebaskan orang dari segala penderitaan/kesengsaraan.

    d. adaptasi adalah suatu proses perubahan kebudayaan sesuai dengan lingkungan. e. pembangunan dan modernisasi
    1. pembangunan Adalah usaha terencana dan terarah untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mausia yang menuntut adanya perubahan sosial budaya ebagai pendukung keberhasilan dan menghasilkan perubahan sosial budaya.
    2. modernisasi adalah proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dari masyarakat dan kebudayaan tradisional ke masyarakat dan kebudayaan modern dalam seluruh aspek kehidupan.
    D. faktor-faktor pendorong dan penghambat integrasi nasional
    - faktor-faktor pendorong:
    1. faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib dan seperjuangan
    2. keinginan untuk bersatu
    3. rasa cinta tanah air
    4. rasa rela berkorban
    5. kesepakatan atau konsensus nasional
    6. adanya simbol kenegaraan
    7. pengembangan budaya gotong royong
    -faktor-faktor penghambat:
    1. masyarakat yang heterogen
    2. wilayah negara yang begitu luas
    3. vesarnya kemungkinan ancaman
    4. masih besarnya ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan
    5. adanya paham " etnosentrisme"
    6. lemahnya nilai-nilai budaya bangsa
    E. pewarisan budaya pada masyarakat tradisional dan modern
    1. pengertian pewarisan budaya
      adalah suatu proses, perbuatan atau cara mewarisi budaya didalam masyarakat
    2. hubungan antara kebudayaan dan kepribadian kepribadian banyak dipengaruhi adat istiadat pengasuhan anak-anak. anak-anak diasu oleh orang-orang dalam lingkungannya, ibu, ayah, dan saudara. Jika anak-anak sudah dewasa beberapa watak yang seragam akan menonjol pada individu yang sudah dewasa itu.
         a. Kepribadian yang selaras deengan lingkungan alam dan lingkungan sosial
    1. lingkungan alam lingkungan alam adalah keadaan tanah, iklim, flora, dan fauna di sekitar individu.
    Makna lingkungan alam bagi manusia ada tujuh, yaitu:
    a. manusia mempunyai ikatan dengan alam yang sifatnya religius
    b. motivasi etis dapat mendasari kecintaan terhadap alam, yang dasarnya adalah rasa keindahan.
    c. alam menghidupi manusia karena flora dan fauna memberikan bahan untuk sandang, papan, dan pangan.
    d. alam merupakan serikat bagi manusia dalam mempertahankan diri etrhadap bencana seperti badai,gempa bumi, banjir, dan pencemaran.
    e. alam mempunyai arti yang oenting bagi ilmu pengetahuan dan pendidikan.
    f. alam menjadi sumber kesehatan, rekreasi, dan kesenian.
    2. Lingkungan sosial kelompok lingkungan yang terdiri atas individu maupun kelompok yang berada disekitar manusia. Di dalam masyarakat akan dijumpai lapisan-lapisan sosial yang menghasilkan kepribadian masing-masing.
    Posisi peranan dan perilaku individu diharapkan selaras dengan lingkungan dengan seperti situasi berikut:
    a.individu dengan keluarga
    b. individu dengan lembaga
    c. individu dengan komunitas-komunitas
    d. individu dengan masyarakat
    e. individu dengan negara
    3. Proses pewarisan budaya
    a. enkulturasi proses enkulturasi sudah dimulai dalam alam pikiran individu sejak masa kanak-kanak. Mulu-mula dari keluarga, kemudian dari teman-teman bermainnya. Seringkali ia belajar meniru tingkahlaku, ucapan dari individu yang berpengalaman.
    b. sosialisasi Dalam proses sosialisasi, seorang individu dari kanak-kanak hingga masa tua belajar polo-pola tindakan berinteraksi dangan segala macam individu dalam berbagai macam peranan sosial.
    4.Sarana pewarisan budaya
    a. keluarga
    b. masyarakat
    c. sekolah
    d. lembaga keperintahan
    e. perkumpulan
    f. institusi resmi lain
    g. lingkungan kerja
    h. media massa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar